Assalamu’alaikum guys..

Ketajaman laptime yang ditorehkan Andrea Iannone di atas Suzuki GSX-RR pada winter test di Sepang hari kedua kemarin, sepertinya akan menjadi harapan baru bagi Suzuki untuk merengkuh prestasi gemilang di gelaran MotoGP musim ini. Dari hasil laptime sebegitu kencangnya (1:59.452), terlihat Iannone sangat enjoy dan sudah menyatu dengan GSX-RR. Akankah di tangan Iannone, Suzuki mampu meraih Juara Dunia MotoGP?

Seperti yang sudah-sudah, biasanya di situasi test pramusim, latihan bebas, atau pemanasan, para pembalap lebih fokus dan leluasa bermanuver mengejar laptime sekencang mungkin. Ketika di balap, seperti masuk ke dunia nyata, seorang pembalap bertarung dengan pembalap lain dan rasa lelahnya sendiri, di mana kedua hal itu akan mengacaukan kefokusannya dalam membalap. Kecuali pembalap-pembalap yang sudah berpengalaman dan matang dalam mengatur strategi dan emosi. Juga ditambah jam terbang yang tinggi dalam mengasah skillnya.

Pembalap-pembalap seperti Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Marc Marquez, Jorge Lorenzo selain didukung mesin balap mumpuni, ketahanan fokus dan kontrol emosi mereka sekarang ini seperti tidak ada lawannya. Sehingga mereka selalu mendapatkan podium di setiap seri balap MotoGP. Namun, keperkasaan mereka tidaklah mutlak tak terkalahkan. Musim kemarin, Iannone, Dovizioso dan beberapa pembalap yang lain, berhasil merasakan manisnya podium. Selain spek motor yang sudah hampir sepadan, tapi juga didukung aturan diterapkan Dorna sebagai promotor MotoGP. Seperti penyeragaman ECU dan beberapa kompensasi aturan untuk tim-tim pabrikan atau privat yang jarang menang.

sepang-test-andrea-iannone14

Suzuki yang comeback again ke MotoGP memperoleh kesempatan dalam pengembangan teknologi GSX-RR. Dan hasilnya, cukup mengesankan jika dibanding Aprilia yang lebih dulu masuk. Bahkan Suzuki di musim kemarin mampu menempel ketat dengan pembalap-pembalap alien barisan depan. Sebuah kemajuan yang singkat dan menjanjikan bagi Suzuki di musim ini. Apalagi pembalap lihai macam Iannone yang sudah merasakan suka-dukanya dalam menaklukkan Desmosedici, menjadi referensi berharga bagi Suzuki untuk terus kompetitif. Ditambah karakter GSX-RR yang dikenal sangat akurat bantingan manuvernya, membuat skill Iannone bisa saja jadi semakin tajam. Mungkinkah ketajamannya di winter test, akan terbukti juga di gelaran balap MotoGP? Mengingat karakter Iannone yang seperti menabrak tembok ketakutannya sendiri, sepertinya akan menjadi momok menakutkan bagi para pembalap barisan depan. Ya, mudah-mudahan balapan MotoGP musim ini nggak membosankan ya guys. Kita tentunya ingin menyaksikan atraksi dan drama menarik lainnya mengiringi perhelatan MotoGP musim 2017 ini. Semoga manfaat.

Wassalam

(isal)

sepang-test-andrea-iannone12

Advertisements