DSC_0067

Assalamu’alaikum guys..

Akhirnya Isalblogger bisa melihat langsung lebih dekat bagaimana rupa asli Yamaha New Vixion model year 2017. Saat itu pengunjung di booth Yamaha sedang rame-ramenya namun detail New Vixion 2017 berhasil terabadikan dari balik viewfinder Isalblogger.

IMG_0332.jpg

Menurut Isalblogger sih sebagian besar desain body New Vixion 2017 ini terlihat lebih gambot dan maskulin ketimbang sportybike. Terlihat shroud-nya yang lebih memanjang, desain tangki membesar dan lekuknya lebih rounded, juga desain headlamp berubah kalem dibanding NVA (New Vixion Advance). Bobotnya juga agak lebih berat dikit.

 

Detail-detailnya cukup apik, build qualitynya masih terjaga, meski di beberapa sisi tidak terlalu menarik seperti berpindahnya kembali kunci kontak dari tangki ke stang dan undercowl atau cover engine di New Vixion VVA type R yang kurang kekar atau padat looks dibanding type standard.

 

Berikut spesifikasi New Vixion 2017 type standard:

IMG_0354

Mesin
TIPE MESIN Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
SUSUNAN SILINDER Single Cylinder
DIAMETER X LANGKAH 57 x 58.7 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 10.4 : 1
VOLUME SILINDER 149.8 cc
DAYA MAKSIMUM 12.2 kW / 8500 rpm
TORSI MAKSIMUM 14.5 Nm / 7500 rpm
SISTEM STARTER Electric starter
SISTEM PELUMASAN Wet sump
KAPASITAS OLI MESIN Total =1.15L ;Berkala = 0.95 L ;Ganti Filter Oli = 1 L
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist and Slipper Clutch
TIPE TRANSMISI Constant mesh 5-speed
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) 1955 x 720 x 1025 mm
JARAK SUMBU RODA 1295 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 165 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 795 mm
BERAT ISI 132 Kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 12 Liter
Rangka
TIPE RANGKA Deltabox
SUSPENSI DEPAN Teleskopic
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
TIPE BAN Tubeless
BAN DEPAN 90/80-17M/C 46P
BAN BELAKANG 120/70-17M/C 58P
REM DEPAN Disc brake
REM BELAKANG Disc brake
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN TCI
TIPE BATTERY YTZ4V/GTZ4V
TIPE BUSI NGK/CR8E

Dan ini spesifikasi New Vixion VVA 2017 type R:

IMG_0361

Mesin
TIPE MESIN Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA
SUSUNAN SILINDER Single Cylinder
DIAMETER X LANGKAH 58 x 58.7 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 11.6±0.4 : 1
VOLUME SILINDER 155.1 cc
DAYA MAKSIMUM 14.2 kW / 10000 rpm
TORSI MAKSIMUM 14.7 Nm / 8500 rpm
SISTEM STARTER Electric Starter
SISTEM PELUMASAN Wet Sump
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Wet Type Multi-Plate Clutch ; Assist & Slipper Clutch
TIPE TRANSMISI Manual
Dimensi
P X L X T (Length x Width x Height) 1950 x 720 x 1025 mm
JARAK SUMBU RODA 1320 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 165 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 795 mm
BERAT ISI 131 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN 11 L
Rangka
TIPE RANGKA Deltabox
SUSPENSI DEPAN Teleskopic
SUSPENSI BELAKANG Swing Arm
TIPE BAN Tubeless
BAN DEPAN 90/80-17M/C 46P
BAN BELAKANG 130/70-17M/C 62P
REM DEPAN Disc Brake
REM BELAKANG Disc Brake
Kelistrikan
SISTEM PENGAPIAN TCI
BATTERY YTZ4V/GTZ4V
TIPE BUSI NGK/MR8E9

Dari spek di atas bisa disimpulkan bahwa fitur-fitur tambahan lebih banyak disematkan di New Vixion VVA type R. Mesin SOHC 155cc + VVA tidak ada di type standard, begitu pula dengan jumlah gear 6 percepatan, swingarm banana dan model knalpot yang juga berbeda. Kemungkinan memang New Vixion R memakai mesin R15 VVA dan beberapa fitur sang fairing.

Sementara untuk harga, merujuk dari web resmi Yamaha, type standard dihargai 26 juta saja. Untuk type R masih classified. Ya palingan gak beda jauh ya, mungkin cuma beda 2-3 juta. Kalo cuma beda 1 juta atau beberapa ratus ribu pasti mantab banget tuh guys.. Dijamin Legenda Vixion di era awal akan hidup kembali. Semoga manfaat.

Wassalam

Advertisements