Assalamu’alaikum guys..

Entah kenapa penyakit shock depan rembes di Yamaha MX King masih terus berlanjut. Dan ini dialami hampir rata-rata user MX King. Sebenarnya ini boleh dibilang bukan murni penyakit banget. Tapi lebih kepada usaha Yamaha menawarkan shock depan yang super empuk.

Namun, akibatnya sering timbul bunyi “ctok..” (shock mentok) di kondisi jalan tidak rata & gemuk oli rembes bikin kebanyakan owner MX King jadi merasa risih. Kalo yang penulis alami adalah gemuk oli merembes dari bagian atas, bukan bagian bawah shock. Jika dari bawah shock, maka yang perlu dilakukan adalah membersihkan kotoran (jika ada) & mengganti karet seal shock. Ini harus dilakukan mekanik bengkel resmi Yamaha.

Klaim Shock Depan MX King

Nah, di MX King penulis ini sudah sekitar 2-3 kali (sebelum klaim) mengalami servis perbaikan shock depan. Tapi masih saja setelahnya penyakit shock mentok & rembes mewarnai keseharian MX King penulis dalam aktifitasnya.

Alhamdulillah, ada teman blogger, Ferboes Richardson menyarankan penulis untuk segera mengklaim shock depan MX King yang bermasalah. Sembari servis mesin Yamaha Jupiter burhan miliknya, doi sempat berdialog dengan kepala mekanik soal masalah shock rembes MX King ini. Sang kepala mekanik segera menyarankan klaim karena motor belum setahun pakai.

Akhirnya penulis membawa MX King kembali (setelah perbaikan pertama yang gak berhasil) ke Yamaha Flagship Shop (FSS) Cempaka Putih, Jakarta, untuk klaim gratis shock depan. Setelah klaim, motor pun segera diperiksa. Setelah diperbaiki oleh mekanik, akhirnya diketahui kenapa shock depan MX King tetap rembes meski sudah diperbaiki dengan mengganti karet seal.

Ternyata penyebab utamanya adalah kurangnya gemuk oli di bagian atas shock. Karena gemuk oli yang sedikit bikin shock depan mentok ke atas sampai bunyi ctok. Akibatnya merusak karet seal sehingga tidak mampu menahan gemuk oli yang merembes.

Jadi solusi awalnya adalah tambah gemuk oli dan ganti karet seal. Hasilnya shock depan MX King penulis sampai hari ini tidak pernah rembes lagi & bunyi ctok hilang (kecuali tiba-tiba hajar lubang gede, tapi oli shock tetap gak rembes). So, kalo sobat pembaca yang punya MX King mengalami masalah yang sama, jangan sungkan untuk klaim ke Yamaha FSS di kota besar daerah kalian. Garansi klaim ini selama setahun ya guys.. Jadi gratis service dan penggantian part. Sayang kalo tidak diklaim. Semoga manfaat guys..

Wassalam

(isal)

Advertisements